Bisnis

Mengapa perjanjian operasi merupakan kebutuhan mutlak ketika memulai bisnis

Jika Anda memiliki LLC di atau sekitar Los Angeles, Anda mungkin akrab dengan dokumen penting – perjanjian operasi untuk bisnis Anda. Jika Anda ingin membentuk LLC, ini adalah artikel yang harus dibaca.

Perjanjian operasi adalah jenis kontrak bisnis yang berisi ketentuan yang mengatur pengoperasian LLC. Anggap saja sebagai LLC—setara dengan anggaran rumah tangga perusahaan.

Apa yang harus disertakan dalam perjanjian operasi?

Akses terbuka harus mencakup pembacaan terperinci dari syarat dan ketentuan yang disepakati oleh pemilik LLC, termasuk kemungkinan yang mungkin timbul untuk melindungi pemilik LLC.

Ini harus menjelaskan protokol dan kebijakan khusus untuk operasi bisnis sehari-hari dan keadaan unik apa pun. Misalnya, perjanjian harus berisi ketentuan yang mengatur apa yang terjadi jika seorang anggota memutuskan untuk meninggalkan LLC. Itu juga harus membahas apa yang harus dilakukan dalam hal kematian pemilik atau perceraian istrinya. Perjanjian tersebut juga harus menjelaskan tugas dan tanggung jawab para anggota untuk operasi perusahaan sehari-hari.

Di California, otoritas hukum yang mengatur pembentukan LLC tidak memerlukan perjanjian operasi (walaupun perlu dicatat bahwa Corporations Act 17701.02(s) mendefinisikan istilah “perjanjian operasi”).

Meskipun bukan kewajiban hukum, mendapatkan satu untuk LLC sangat disarankan karena ini adalah dokumen yang dapat membantu melindungi Anda dan bisnis Anda. Jika Anda membentuk LLC tanpa perjanjian operasi formal, Anda akan tunduk pada ketentuan default yurisdiksi terkait pengoperasian bisnis, yang mungkin bukan yang Anda inginkan. Misalnya, beberapa negara bagian mengharuskan keuntungan bisnis dibagi rata di antara para anggota. Jika Anda dan mitra bisnis Anda memiliki pengaturan pembagian keuntungan yang berbeda, tetapi Anda tidak memiliki perjanjian operasi, Anda menghadapi risiko serius jika konflik terjadi dengan rekan kerja Anda di masa depan.

Ketentuan yang harus disertakan dalam perjanjian operasi

Hal hebat tentang memiliki OA adalah Anda dapat menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Namun, ada beberapa ketentuan yang harus Anda upayakan untuk dicantumkan dalam perjanjian Anda, antara lain:

• Definisi istilah kunci yang digunakan di seluruh perjanjian.

• Nama resmi perseroan terbatas.

• Tanggal pembentukan perseroan terbatas dan tujuan umum perseroan terbatas dibentuk.

• Lamanya waktu di mana LLC berencana untuk beroperasi. Dalam kebanyakan kasus, panjangnya “permanen” kecuali sejumlah tahun tertentu ditentukan.

• Alamat kantor pusat, nama agen terdaftar (kepada siapa dokumen resmi dikirimkan) dan alamat agen terdaftar.

• Kontribusi setiap anggota dan sifat kontribusi mereka (misalnya, kontribusi dalam bentuk uang tunai, properti real estat, kekayaan intelektual).

• Pernyataan tanggung jawab anggota bahwa hutang, kewajiban dan tanggung jawab lainnya adalah milik perusahaan dan bukan milik anggota.

Bicaralah dengan pengacara untuk mendapatkan bantuan dengan persiapan yang benar dan pendaftaran perjanjian operasi

Meskipun dimungkinkan untuk membuat sendiri perjanjian operasi LLC, Anda sebaiknya meluangkan waktu untuk berbicara dengan pengacara kontrak kerja Los Angeles yang berpengalaman. Mempekerjakan penasihat hukum akan membantu memastikan bahwa perjanjian Anda berisi ketentuan yang diperlukan dan tidak meninggalkan masalah atau persyaratan penting apa pun.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button